Friday, June 15, 2012

polis cam penjenayah hanya melalui bentuk hidung

LANCASHIRE - Seorang perampok bersenjata yang menutup wajahnya dengan topeng ternyata masih boleh diungkap identitinya oleh polis. Polis menggunakan metode canggih untuk mengidentifikasi perompak melalui bentuk hidung.

Liam Gould mengira dapat lepas dari aksi perompakan yang dilakukan terhadap sebuah kedai. Memakai jaket yang menutupi hingga kepala dan topeng serta sarung tangan, Gould dengan santai melakukan aksi kejahatannya. Demikian diberitakan Daily Mail, Rabu (30/11/2011).

Tetapi polis yang yakin bahwa Gould adalah penjahat kambuhan, petugas pun melakukan pemeriksaan melalui pihak forensik menggunakan data yang ada. Lewat program komputer, polis membandingkan fotonya dengan rekaman video keamanan yang ada di kedai tempat korban kejahatan Gould.

Para ahli forensik memfokuskan rekayasa foto itu pada bagian atas hidung Gould serta matanya. Mereka membandingkan ukuran dan bentuk dari hidung perampok berusia 24 tahun tersebut.

Usaha para ahli pun berhasil. Mereka berhasil menyetarakan data forensik yang mereka miliki dengan rakaman video yang ternyata sepadan dengan ciri-ciri Gould.

Tidak lama kemudian, Gould pun langsung ditangkap dan dimasukkan ke penjara.
Saat ini Gould hadir dalam pengadilan di Preston Crown, Lancashire. Dirinya dipenjara selama tiga tahun dan mengaku bersalah melakukan kejahatan perompakan.
(faj)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BLOG PILIHAN