Friday, June 1, 2012

10 Kejadian Aneh Seputar Koma

Keadaan penyakit atau kecelakaan tertentu boleh membuat seseorang mengalami koma. Tapi ada beberapa kejadian aneh yang dialami seseorang ketika atau setelah bangun dari koma.

Koma adalah koeadaan ketidaksedaran jangka panjang yang penderitanya tidak dapat terangsang, bahkan dengan stimulus yang paling menyakitkan sekalipun. Namun, koma bukanlah penyakit, tapi gejala atau respons dari suatu penyakit seperti cedera kepala berat atau adanya serangan masalah metabolisme.

Berikut ini ada 10 kejadian aneh seputar koma yang diambil dari oddee dan dikutip dari HuffingtonPost, Jumaat (2/12/2011) iaitu:

1. Gadis kecil yang koma terbangun setelah mendengar lagu Mamma Mia

Layla Towsey mengalami koma setelah tertular meningitis B dan meningococcal septicaemia, ia menghabiskan waktu 5 hari di ruang perawatan intensif. Keluarganya diperintahkan untuk memberinya ciuman selamat tinggal, tapi ketika ada yang menyanyikan lagi Mamma Mia dari Abba, tiba-tiba Layla terbangun dan sedar dari komanya.

2. Anak 3 tahun yang mulai merokok setelah bangun dari koma

Ya Wen (3 tahun) secara misteri menjadi kecanduan rokok dan bir setelah ia selamat dari kecelakaan di jalan dan koma selama 5 hari. Keperibadian kanak-kanak perempuan ini berubah setelah meninggalkan hospital, ia mulai merokok di bilik mandi bahkan sampai sebungkus, minum bir dan menyukai pakaian laki-laki.

3. Anak berkata kasar pada ibunya setelah koma 41 hari

Laki-laki (22 tahun) mengalami koma akibat cedera kepala serius dan patah leher serta punggung akibat kecelakaan di Portsmouth. Setelah koma selama 41 hari, ia tersedar dan mengucapkan kata kasar pada ibunya. Meski begitu sang ibu merasa lega karena anaknya boleh sedar kembali dan ia optimis bahawa anaknya akan pulih dengan baik.

4. Sengaja dibuat koma untuk menyelamatkan bayi yang dikandung

Valerie Lea (35 tahun) menderita flu babi dengan keadaan buruk dan dirawat di hospital akibat kesulitan bernafas saat ia hamil 27 minggu. Untuk menyelamatkan nyawa ibu dan anak, dokter memutuskan menempatkan ibu dalam keadaan koma dan melakukan operasi caesar. Seminggu kemudian ia baru sadar dan mendapati perutnya sudah rata dan menyedari bahawa bayinya sudah dikeluarkan.

5. Perempuan yang amnesia setelah koma

Liz Skies mengalami koma berminggu-minggu kerana menderita kerosakan otak akibat mengalami kekerasan dan kejang berkepanjangan. Untuk menyelamatkan nyawanya, doktor mengambil keputusan untuk merangsang Liz menjadi koma. Tapi saat bangun ia kehilangan memori jangka pendek, tidak boleh melakukan tugas-tugas sederhana dan harus kembali belajar berjalan serta berbicara.

6. Perempuan yang koma setiap kali berkata 'Aku Mencintaimu'

Seorang ibu 53 tahun dari Pitsmoor, Sheffield harus berjuang melawan keadaan media langka penyakit sleeprelated cataplexy sejak akhir remaja yang membuatnya jadi koma setiap kali mengatakan 'Aku Mencintaimu' pada anak-anaknya. Ia boleh koma setiap kali emosional seperti tertawa, menangis.

7. Gadis Croatia jadi fasih berbahasa Jerman setelah koma

Sandra Ralic (13 tahun) membuat doktor bingung, gadis yang sebelumnya berbahasa Crotia berubah menjadi fasih berbahasa Jerman setelah mengalami koma 24 jam. Namun doktor belum dapat mengetahui apa yang menyebabkan ia fasih bahasa Jerman dan lupa bahasa Croatia setelah koma.

8. Seorang datuk yang jadi pecandu seks setelah bangun dari koma

Datuk Frail Angelo De Luca (81 tahun) berubah menjadi seorang pecandu seks setelah mengalami koma selama 4 hari akibat jatuh dari pohon plum di rumah keluarganya. Keadaan yang dialami si datuk ini membuatnya dijadikan tahanan rumah oleh keluarganya serta tidak boleh mengatur urusannya sendiri.

9. Berhasil sedar setelah 19 tahun koma

Terry Wallis (39 tahun) mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh dari leher ke bawah dan mengalami koma. Namun setelah 19 tahun koma, ia berhasil sadar kembali meski mengalami kerosakan otak yang membuat memorinya terjebak di tahun 1984.

10. Memilih menjadi koma kerana tak tahan dengan penyakit

Setelah bertahun-tahun menderita sakit luar biasa akibat gangguan neuromusculer yang disebut dengan reflex sympathetic dystrophy (RSD), John Roach (50 tahun) memutuskan pengobatan baru yang kontroversi iaitu membuatnya jadi koma dengan induksi ketamin.
(ver/ir)

sumber : detikhealth

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BLOG PILIHAN