Tuesday, May 8, 2012

Gadis Muntah 40 Kali Sehari Akibat Sindrom Pelik


Sering mual dan muntah biasanya dialami oleh ibu hamil diawal kehamilannya. Tapi tidak bagi Alisha Atkinson, selama 6 tahun ia memiliki sindrom langka yang membuatnya boleh muntah 40 kali dalam sehari.


Alisha Atkinson (12 tahun) menderita cyclic vomiting syndrome, iaitu suatu keadaan yang tidak diketahui penyebabnya tapi boleh membuat orang tersebut sakit kerana muntah-muntah selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu.


Sang ibu, Maggie Atkinson memuji ketabahan puterinya yang tetap boleh menjalani hidupnya meski keadaan yang dimilikinya boleh membuat ia muntah hingga 40 kali dalam sehari.


Bahkan salah satu keadaan terburuk yang pernah dialami Alisha adalah ia muntah hingga 100 kali dalam waktu 24 jam. Keadaan ini boleh diperburuk jika ia mengalami stres atau gugup.


"Saya tidak tahu berapa banyak orang yang menderita penyakit ini, doktor pun pada awalnya tidak boleh mendiagnosa penyakit Alisha selama berbulan-bulan," ujar Maggie (45 tahun) dari Wakefield, seperti dikutip dari Dailymail, Khamis (29/12/2011).


Maggie mengungkapkan saat itu Alisha baru berumur 6 tahun ketika ia mulai mengalami muntah-muntah, namun tak ada satu pun staf medik yang boleh mengetahui penyebabnya.


Para doktor awalnya mengira Alisha memiliki usus buntu kerana rasa sakit di perutnya, kemudian didiagnosis memiliki irritable bowel syndrome. Ia pun harus melakukan berkali-kali ujian darah dan scan hingga akhirnya doktor mendiagnosis Alisha dengan cyclic vomiting syndrome.


"Kami belum pernah mendengar keadaan aneh seperti itu, dan rasanya semakin sulit bagi kami ketika doktor mengatakan untuk saat ini tidak ada obat untuk menyembuhkannya," ujar Maggie.


Ketika sedang sakit (mengalami muntah-muntah) ia tidak boleh makan dan hanya boleh minum. Ketika ia mengalami dehidrasi maka Alisha pun harus segera dibawa ke hospital. Kejadian ini tidak boleh terduga, boleh saja Alisha pergi sekolah dalam keadaan baik lalu tiba-tiba ia harus pulang kerana sakit.


Alisha mungkin akan merasa baik-baik saja selama 3-4 hari setelah kekambuhan, tapi setelahnya ia boleh kambuh kembali. Alisha sudah mencuba berbagai ubat untuk meredakan gejala yang muncul, tapi doktor belum menemukan obat yang pas untuk keadaan tersebut.


Cyclic vomiting syndrome menyebabkan seseorang mual dan muntah yang parah dan bisa berlangsung selama berhari-hari tanpa diketahui penyebabnya. Penyakit ini biasanya dimulai saat berusia 3-7 tahun.


Gejala yang muncul termasuk mual dan muntah berat, hilangnya nafsu makan, kelelahan dan kadang disertai dengan migrain. Umumnya tidak ada ujian diagnostik untuk keadaan ini, tapi doktor akan mendiagnosisnya melalui gejala-gejala yang muncul.


"Orang-orang biasanya melihat Alisha sebagai gadis yang bahagia tanpa ada masalah dalam hidunya, tapi ketika penyakitnya kambuh maka ia boleh menajdi anak yang tidak berdaya," ujar Maggie.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BLOG PILIHAN