Thursday, May 10, 2012

Lelaki ini Obsessive terhadap sampah


Lelaki bernama Richard Wallace (61) tinggal sebuah desa bernama Westcott, Surrey, Inggris memiliki hobi aneh, yakni mengumpulkan barang apapun. Hobi ini dilakukannya sejak sekolah menengah. Namun, kegemaran Wallace mengumpulkan barang ini mulai berlebihan sejak kematian ayahnya pada tahun 1976 dan semakin bertambah parah ketika ibunya meninggal pada tahun 2005 lalu.

Wallace seringkali tidak sanggup membuang barang-barang yang ada di rumahnya. Semua benda-benda, mulai dari botol minuman, tin bekas, surat khabar, hingga rangka kereta dibiarkan berserakan di halaman rumahnya. Bahkan ada beberapa yang juga ditimbun di dalam rumah.

Tercatat ada sekitar tumpukan 25 ribu surat khabar yang diletakkan begitu saja di dalam rumah. Kemudian ada juga rangka enam kereta yang terdiri dari 3 buah keretaJaguar, sebuah kereta Audi dan 2 buah kereta Wolseleys. Barang-barang diletakkan begitu saja dengan plastik sampah berisi kaleng dan botol bekas, kursi rusak, wastafel bekas, dan sebagainya.

Semua benda-benda tersebut tentu saja dipenuhi lumut kerana dibiarkan begitu saja selama bertahun-tahun. Boleh dibayangkan juga bagaimana bau sampah-sampah yang tertimbun lama tersebut.

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (21/12/2011).Hobi aneh Wallace ini pun membuat kemarahan tetangganya. Hingga pada tahun 2009, ada saman terhadap dirinya ke pengadilan dan memintanya untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. Wallace tidak menghiraukan saman ini dan berargumen bahawa itu merupakan hak asasinya untuk menyimpan barang. Wallace pun memenangkan kes saman ini.


Namun, selang 22 bulan sejak kemenangannya tersebut, Wallace akhirnya menyedari bahawa hobinya tersebut merugikan orang lain. Ia pun memutuskan untuk membersihkan seluruh sampah yang ada di rumahnya.

“Ini sudah mencapai titik di mana saya tidak boleh tahan lagi.. Ini bukan hidup. Ini hanya kehadiran semata. Seseorang mengatakan kepada saya suatu hari Apakah saya hidup di sini? Saya berkata: Tidak. Saya hanya hadir di sini. Ada sebuah perbezaan tipis. Sebuah pelajaran bagi siapapun untuk tidak mengumpulkan barang secara berlebihan, tidak. Ini sangat tidak layak bukan? Ini juga tidak masuk akal,” ujar Wallace.

Dengan dibantu tetangganya, Wallace pun membersihkan sampah yang ada di halaman mahupun di dalam rumahnya. Bahkan saat ini Wallace tengah menata hidupnya kembali dan dia juga berjanji untuk berkonsultasi dengan psikiater secara rutin. Bahkan, akhirnya dia memotong rambutnya untuk pertama kali dalam beberapa tahun terakhir.

“Ini benar-benar mengejutkan. Sekarang semuanya terlihat lapang, saya boleh melihat kebodohan saya di masa lalu, ini memang keadaan medik, yang disebut sebagai perilaku penimbunan, ini masalah psikologis,” tutur Wallace.

“Saya fikir orang boleh berubah dalam semalam. Semua harus terjadi secara bertahap. Saya akan memulai kembali dari satu titik dan kemudian melanjutkan kembali hidup saya,” imbuhnya.

Cerita tentang Wallace ini didokumentasikan oleh stesen televisyen lokal, Channel 4 dan diberi judul Obsessive Compulsive Hoarder.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BLOG PILIHAN